Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Nemu Wae.

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Nemu Wae.

Bawang putih yang selalu menjadi salah satu andalan di dapur, ternyata bermanfaat besar bagi kesehatan. Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan?

Selama di kenal, bawang putih selalu di konsumsi dengan cara di olah di dalam masakan dan di masak dahulu. Namun dalam manfaat untuk kesehatan bawang putih dianjurkan dikonsumsi dalam bentuk mentah. Karena proses memasak dan mengolah bawang putih mengakibatkan hilangnya beberapa nutrisi dan kandungan penting dalam kesehatan.

Rutin mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah, memiliki manfaat besar sebagai berikut:

1. Menurunkan resiko kanker.

Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Dan menurut riset dari National Cancer Institute di USA senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Sulfur bioaktif berfungsi dan berperan penting dalam memperbaiki dan membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak baik.

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Nemu Wae.

2. Menurunkan kadar kolestrol.

Journal of Postgraduate Medicine menerbitkan sebuah penelitian mengkonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah selama dua bulan secara rutin membantu menurunkan kadar kolestrol yang cukup banyak. Bahkan penelitian lainnya yang juga di lakukan oleh pakar profesional di Rafsanjan University Of Medical Sciences menerbitkan bahwa makan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolestrol baik sekaligus bersamaan menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, penelitian yang di terbitkan oleh Pakistan Of Pharmaceutical Sciences ini meminta peserta penelitian mengonsumsi 10gram bawang putih mentah selama 6 minggu.

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi.

Kandungan nutrisi polisulfida pada bawang putih mentah terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Bahkan menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, kandungan polisulfida akan membantu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan terlalu besar. Tak heran jika mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dalam kurun waktu tiga bulan dapat menurunkan tekanan darah hingga 10mmHg.

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Nemu Wae.

4. Mencegah Penyakit Jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal Of Nutrition mengungkapkan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner yaitu pembuluh darah utama yang berfungsi memompa darah ke jantung. Mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin juga dapat mencegah pembentukan plak pada arteri koroner. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi siapapun yang memiliki berbagai jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolism.

5. Meredakan infeksi, radang dan pilek.

Berbagai penyakit umum ternyata juga dapat di redakan dengan bantuan bawang putih mentah yang memiliki kandungan allicin. Senyawa aktif dari allicin yang ada pada bawang putih memiliki fungsi sebagai anti virus, anti mikroba dan anti jamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit. Bahkan sebuah studi dalam Jurnal Advances in Therapy telah membuktikan bahwa makan bawang putih dalam keadaan mentah di musim flu dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah terserang flu.

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Nemu Wae.

6. Mengatasi Rambut Rontok.

Alopecia atau kebotakan disebabkan oleh penyakit autoimun. Bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

7. Menjaga Kesehatan Otak.

Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan Dementia ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih mentah. Penelitian dalam Journal Of Neurochemistry bahkan membuktikan bahwa kandungan S-ally-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

Bahkan penelitian yang di publikasikan dalam jurnal online Cancel Prevention Research mengemukakan bahwa sejak tahun 2000 SM China telah menggunakan bawang putih sebagai obat. Dan dari 4.500 orang dewasa yang sehat serta 1.424 pasien kanker paru-paru, peneliti menemukan mereka yang makan bawang mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki peluang rendah terkena kanker paru-paru.

Apa Manfaat Bawang Putih Bagi KesehatanNemu Wae.

Tak disangka bawang putih yang merupakan bumbu dapur, juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kecik-kecil berkhasiat, team nemu wae juga ingin belajar mengkonsumsi bawang putih mentah demi kesehatan, karena biaya sakit itu mahal.

Keris99 - Agen Bandar66 Online | Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

Nemu Wae

Informasi Menarik Setiap Hari

Silakan Tinggalkan Komentar